Informasi Seputar Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan TK

Fans Page Kami

Saturday, December 2, 2017

Optimalisasi APE Dalam Model Pembelajaran Sentra

[ PRESENTASI POWERPOINT ] Optimalisasi APE Untuk Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Sentra oleh Musrifah. Komponen pembelajaran terbagi ke dalam tiga hal yaitu anak, guru, dan lingkungan.
Dengan pernyataan seperti itu maka lingkungan merupakan guru ke 3 bagi anak. Lingkungan adalah orang atau benda lain yang bisa diajak bermain oleh anak sehingga pembelajaran pada anak maksimal. Hal ini bisa dicapai apabila sang anak mendapatkan permainan yang bersifat mendidik atau biasa dikenal dengan APE.
APE adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk belajar anak yang dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak dengan cara bermain. Permainan edukatif adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat mendidik.
Permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berbahasa serta bergaul dengan orang lain. Selain itu, anak dapat menguatkan anggota badan menjadi lebih terampil dan menumbuhkan serta mengembangkan kepribadian
Media APE yang baik syaratnya :
  • Memenuhi beberapa aspek perkembangan anak
  • Sesuai tahap perkembangan anak
  • Predictable
  • APE tersedia untuk semua jenis main (mulai bahan sifat cair sampai bahan terstruktur)
Belajar bagi anak usia dini adalah anak belajar melalui seluruh indera yang dimiliki dengan cara bermain dan kegiatan lain yang menyenangkan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen tentang lingkungannya.


Pernyataan Jean Piaget (1972) tentang bagaimana anak belajar: “Anak seharusnya mampu melakukan percobaan dan penelitian sendiri. Guru, tentu saja, bisa menuntun anak-anak dengan menyediakan bahan-bahan yang tepat, tetapi yang terpenting agar anak dapat memahami sesuatu, ia harus membangun pengertian itu sendiri, ia harus menemukannya sendiri.”
Permainan Bisa Dijadikan APE Apabila :
  • Manfaatnya banyak
  • Aman bagi anak
  • Mudah dipergunakan/ diperoleh
  • Asyik untuk dimainkan anak
Pembelajaran dapat dioptimalkan apabila
  • Pembelajaran dilakukan dalam keadaan menyenangkan
  • Sesuai tahap perkembangan anak
  • Pijakan guru yang sesuai dengan kebutuhan anak
  • Setting lingkungan yang tepat
  • Predictable
  • Mengenal dan menjembatani semua kesulitan anak
Kriteria Guru (di Kelas) yang membuat anak berkembang :
  • Sayang anak sebagai proses bukan produk
  • Menguasai tahap perkembangan anak (kenal anak)
  • Menguasai teori dan metode pendidikan
  • Menguasai media pendidikan: klasifikasi penggunaan
  • Mempunyai berbagai ilmu pengetahuan yang cukup (materi)
Anak memerlukan lingkungan kondusif yang kaya sehingga anak berkesempatan mengeksplorasi lingkungannya secara maksimal agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
APE juga bisa dibuat sendiri dengan mengandalkan kreativitas, misalnya cat jari, playdough, dan cat lukis.

No comments:

Post a Comment